top of page
duniasecurity

ETIKA DAN PERILAKU SEKURITI



Pengertian Sikap, Perilaku Hidup dan Amal Perbuatan


SIKAP

Adalah keadaan yang mencerminkan perilaku seseorang/sekelompok orang. Pada tujuan tertentu sebagai hasil dari pandangan hidupnya.

PERILAKU HIDUP

Adalah tingkah laku, yaitu keseluruhan tindak tanduk dan cara seseorang berhubungan/ berkomu­ni­kasi dengan sesamanya atau dengan lingkungan­nya serta dengan masyarakat umumnya.

AMAL PERBUATAN

Adalah setiap sikap, gerak-gerik, tingkah laku, per­buatan, sepak terjang dan usaha seseorang dalam rangka melaksanakan suatu ajaran agama atau kepercayaan. Doktrin yang berlandaskan etika yang baik, suci murni serta ketulusan.

Perilaku dan Penampilan Security Officer

Prinsip security Dedikasi Profesional Kewaspadaan terhadap tugas dan tanggung jawab Mampu melaksanakan tugas secara efektif dan efisien Memiliki jiwa kepemimipinan yang baik

Norma Dan Etika Security Sebagai Karyawan Anggota Security

Taqwa kepada Tuhan YME Bertingkah laku dan menunjukkan sikap berbudi luhur, patuh dan taat kepada pimpinan Tidak bertindak sewenang-wenang Tidak menyalahgunakan wewenang/ kekuasaan atau kekuatan yang dimilikinya Memegang teguh rahasia yang dipercayakan kepadanya Cepat dan tanggap dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat / karyawan.

Norma dan Etika Security Sebagai Anggota Masyarakat/ Warga Negara

Security Sadar akan kedudukannya sebagai warga Negara (masyarakat) yang wajib ematuhi peraturan-peraturan Negara dan menghormati norma-norma yang berlaku didalam masyarakat. Dapat menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat terutama dalam mengemban tugas-tugasnya. Bertindak secara wajar dan tidak berlebih-lebihan. Ulet, tabah dan percaya diri sendiri didalam mengemban tugas Menghormati dan menjunjung tinggi HAM

Pengamalan Kepribadian Bangsa Indonesia

Di dalam pengamalan kepribadian bangsa Indonesia, setiap anggota security dituntut agar mengutamakan kesederhanaan didalam, yaitu:

Sikap dan tutur kata

Artinya selalu menggunakan tata bahasa yang baik, membiasakan diri memakai bahasa Indonesia yang baik, sopan santun, tahu dan sadar akan kedu­dukan sendiri terhadap orang lain.

Cara berpakaian

Tidak berlebihan sehingga memperlihatkan gejala-gejala yang menonjol.

Keadaan rumah tangga

Agar selalu disesuaikan dengan keadaan ling­kungan atau masyarakat setempat.

Dalam pergaulan

Selalu ramah tamah, tidak menunjukkan sikap yang menyendiri, sombong, dan angkuh dan selalu ber­sedia memberikan bantuan baik tenaga maupun material dan pandai memelihara kerukunan hidup bertetangga atau bermasyarakat.

Perbuatan-perbuatan lainnya

Selalu merupakan suri tauladan yang baik yang bersifat membangun dan menimbulkan rasa persa­tuan dan kesatuan. Instruktur memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila ada hal yang belum jelas.

Sikap Dan Penampilan Security Yang Harus Diperhatikan

Rambut harus selalu rapi, jenggot selalu dicukur bersih, kerapihan pakaian seragam security Profesional, tegas, dan sopan Siap-siaga, tetap waspada, dan berjaga-jaga setiap saat Dapat dipercaya dan mampu melaksanakan tugas dengan baik Dapat diandalkan

Persepsi Masyarakat Umum

Di Jakarta persepsi masyarakat secara umum terhadap security tidak baik, keluhan umum yang sering terdengar adalah: Security saya kalau jaga sering tidur Saya harus membuka pintu sendiri karena security sedang tidur Security sering main catur atau judi kalau sedang bertugas Saya tidak yakin ia dapat memberi perlindungan fisik; dia terlalu manis dan lembut. Kenyataan bahwa orang sering mengeluh mengenai kualitas pelayanan security yang mereka terima menun­juk­kan bahwa keluhan keluhan di atas pasti pernah anda alami. Benar/Tidak. Klien sedang memergoki anda sedang tidur ketika bekerja, hal ini menandakan bahwa anda kurang disiplin dan profesional, mentalitas ketika sedang bertugas malah tidur. Ini harus dihentikan sekarang juga.

Bila ini terjadi menunjukkan loyalitas anda yang rendah terhadap tugas yang anda jalankan bersama-sama sebagai sekelompok orang yang profesional, anda harus menantang diri anda sendiri dan satu sama lain untuk mengambil dan membangun sebuah kesan yang profesional.

4 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page